Tinjauan pustaka obesitas pada anak

Kemiskinan dan obesitas seringkali berhubungan erat karena orang tua dengan penghasilan minim seringkali tidak punya cukup waktu dan uang untuk menjadikan pola makan yang sehat dan olahraga sebagai prioritas dalam keluarga. Saat bayi berumur sampai dua tahun merupakan saat paling mudah menimbun lemak.

Pada tahap ini, pangan yang mengandung karbohidrat, seperti biji-bijian, beras tumbuk atau kacang-kacangan ditingkatkan porsinya.

Wahab S. Sebuah teori mengatakan bahwa dampak obesitas pada masa kecil akan terakumulasi saat dewasa dan muncul sebagai penyakit degeneratif, namun terbukti baru-baru ini bahwa banyak anak yang mengalami obesitas memiliki banyak faktor yang memicu terjadinya penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, hipertensi, atau hiperinsulinemia.

Beberapa faktor lain yang sulit untuk dikendalikan juga berperan dalam menjadikan anak anda berisiko mengalami obesita.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Biasanya berat badan langsung turun antara kilogram. Hasil yang dicapai, dalam seminggu berat badan bisa berkurang hingga 1,5 kg. Overweight atau obesitas dapat dimulai pada usia berapapun. Biasanya kecenderungan dari diet makrobiotik ini adalah vegetarian.

Akan tetapi, anak-anak yang makan lebih banyak kalori daripada yang mereka butuhkan, akan menambah lebih banyak berat daripada tinggi badan mereka.

Penanganan Anak-anak, tidak seperti orang dewasa, membutuhkan nutrisi dan kalori untuk perkembangan dan pertumbuhan mereka. All rights reserved. Pantangannya segala macam karbohidrat dalam bentuk apapun, entah itu roti, keju, beras merah, kentang maupun mie dan nasi.

Diet yang minim karbohidrat juga menyebabkan seseorang lesu dan kurang konsentrasi. Seseorang yang kegemukan sudah pasti kelebihan berat badan, tetapi orang yang kelebihan berat badan belum tentu kegemukan. Meskipun masalah genetik dan hormonal juga dapat menjadi penyebab terjadinya obesitas pada anak-anak, kebanyakan kasus kelebihan berat badan disebabkan karena anak-anak makan terlalu banyak dan terlalu sedikit bergerak.

Alat kelamin pada anakanak laki seolah-olah kecil, karena adanya timbunan lemak pada daerah pangkal paha. Obesitas pada anak disebabkan oleh masukan makanannya yang berlebih.

Obesitas pada anak-anak secara khusus akan menjadi masalah karena berat ekstra yang dimilik anak tersebut pada akhirnya akan mengantarkannya pada masalah kesehatan yang biasanya dialami oleh orang dewasa, seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Penyebab Obesitas pada anak bukan merupakan kondisi yang aman, walaupun banyak orang berpendapat bahwa anak penderita obesitas dapat mengatasi hal tersebut. Pada populasi umum, pola makan dan kebiasaan berolahraga memainkan peran yang lebih besar atas terjadinya obesitas.

Masalah obesitas sendiri dapat terjadi pada usia anak-anak, remaja, hingga dewasa. Makanan tinggi lemak biasanya tinggi kalori.

Dampak obesitas pada usia muda yaitu diskriminasi, persepsi diri yang negatif, depresi, dan kemampuan sosial yang menurun. Namun, tidak berarti setelah umur tersebut menjadi bebas dari kegemukan.

Masalah tidur 6. Seseorang cenderung mengonsumsi makanan kaya lemak dan tidak melakukan aktivitas fisik yang seimbang akan mengalami obesitas. Resepnya bisa bervariasi tapi sayur-sayuran jenis kubis, bawang serta tomat harus ada dalam setiap menu.TINJAUAN PUSTAKA Definisi Obesitas Obesitas tidak sama dengan overweight.

Obesitas merupakan keadaan patologis, yaitu terdapatnya penimbunan lemak yang berlebihan dari yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal (Soetjiningsih, ).

WHO () secara sederhana mendefinisikan obesitas sebagai kondisi abnormal atas akumulasi lemak yang ekstrim pada jaringan adipose. Inti dari obesitas. Obesitas yang terjadi pada anak memiliki resiko bahaya yang lebih besar dibandingkan obesitas yang terjadi pada saat dewasa, karena obesitas yang disebabkan karena banyaknya jumlah sel lebih sulit disembuhkan dan meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit degeneratif di masa laurallongley.com: Kongiz-Q.

Obesitas yang terjadi pada masa remaja ini perlu mendapatkan perhatian, sebab obesitas yang timbul pada waktu anak dan remaja bila kemudian berlanjut hingga dewasa akan sulit di atasi. 12 2. Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Obesitas Pada dasarnya obesitas terjadi karena energi yang didapat lewat makanan melebihi energi yang dikeluarkan anak.

11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Anak 1. Pengertian Anak Anak menurut bahasa adalah keturunan kedua sebagai hasil antara hubungan pria dan wanita. Diabetes Mellitus tipe-2 jarang ditemukan pada anak obesitas (Syarif, ).Prevalensi penurunan uji toleransi glukosa pada anak obesitas adalah 25% sedangkan Diabetes Mellitus tipe-2 hanya 4%.Hampir semua anak obesitas dengan Diabetes Mellitus tipe-2 mempunyai IMT > + 3SD atau > persentile ke 99 (Bluher et al, ).

Tinjauan pustaka obesitas pada anak
Rated 4/5 based on 95 review